Seorang Bidan mempunyai tanggung jawab yang  besar dalam Kesehatan Ibu dan Anak. Dari mulai kehamilan, persalinan, Nifas dan pemantauan pada bayi, anak, remaja dan seterusnya….

Di Indonesia, angka kematian ibu masih cukup tinggi. Data tahun 2015 dari susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional )  menunjukkan terdapat 305 kematian per 100.000 penduduk. Sementara  angka kematian bayi pada tahun 2017 sebesar 24 per 1.000 kelahiran hidup.

Berdasarkan target dunia, pada tahun 2030,  angka kematian ibu harus di bawah 70 per 100.000 kelahiran hidup dan angka kematian bayi dan balita  turun hingga 12 per 1000 kelahiran hidup. Tugas Bidan dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi cukup berat, sehingga semua masyarakat dan stake holder  harus turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Hari Bidan Nasional yang jatuh pada tanggal 24 juni yang selalu setiap tahun diperingati oleh organisasi profesi yang menaungi Bidan di Indonesia adalah IBI (Ikatan Bidan Indonesia). Pada tahun 2021 ini peringatan hari Bidan nasional di Kabupaten Belitung diperingati dengan sederhana. Semua Bidan yang ada melakukan kegiatan sosial antara lain : 1. Bakti sosial IBI dengan melakukan kegiatan pelayanan sejuta akseptor bekerjasama dengan BKKBN.

2.Ziarah ke makam sejawat Bidan, 3.Pemberian sembako kepada yatim duafa 4.Kunjungan ke sesepuh IBI.

Semoga dengan peringatan Hari IBI Nasional di Kabupaten Belitung ini dapat membantu masyarakat menjadi lebih sehat… semoga…….

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *