PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENGUKURAN KEBUGARAN BAGI ASN TINGKAT KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2024

Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung melaksanakan tes kebugaran bagi ASN yang dilaksanakan pada hari Jumat 28 Juni 2024, bertempat di pantai wisata Tanjung Pendam. Tes kebugaran bagi ASN bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru individu berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur. Kegiatan ini disarankan rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Tes kebugaran jasmani dilakukan dengan metode Rockport yaitu jalan atau lari kecilĀ  sejauh 1,6 km. Metode ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan antara lain : mudah dilakukan, tidak memerlukan alat khusus, aman bagi orang dengan risiko penyakit, dan dapat dilakukan secara individu ataupun kelompok serta dilakukan sesuai dengan kemampuan. Tes ini dirancang untuk menilai seberapa efisien sistem kardiorepirasi seseorang dalam memasok oksigen ke otot-otot mereka selama aktivitas fisik. Metode Rockport umumnya digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran pada individu yang mungkin memiliki tingkat kebugaran yang bervariasi.

Sebelum melakukan tes kebugaran dilakukan pemanasan terlebih dahulu. Tes kebugaran ini melibatkan semua OPD yang ada di Kabupaten Belitung. Sebanyak 40 peserta mengikuti tes kebugaran yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Setelah selesai melakukan tes kebugaran dengan metode Rockport, para peserta diperiksa tekanan darah dan detak jantungnya oleh dokter yang bertugas. Selain kegiatan tes kebugaran juga tersedia pemeriksaan fisik seperti pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, skrining PTM, pemeriksaan gula darah, asam urat dan cholesterol.

Kebugaran jasmani yang optimal dapat diperoleh melalui latihan fisik yang benar, teratur, dan terukur. Dengan tes kebugaran dapat diketahui tingkat kebugaran seseorang sehingga dapat dilakukan intervensi khusus apabila ditemukan tingkat kebugarannya tidak optimal. Dengan kesehatan dan kebugaran yang baik maka ASN mampu bekerja dengan produktif, efisien, tidak mudah terserang penyakit, semangat berprestasi secara optimal dan tangguh dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 8 =