Sistem informasi kesehatan merupakan seperangkat tatanan yang meliputi data,informasi, indicator, perangkat, teknologi dan sumber daya manusia saling berkaitan dan dikelola secara terpadu.

Dalam rangka pemenuhan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat didalam pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan system informasi kesehatan secara terintegrasi ,maka implementasi penerapan sikda generic dipandang perlu untuk segera dilaksanakan di Puskesmas. yaitu, Puskesmas Membalong, Simpang Rusa dan Selat nasik. Ketiga Puskesmas ini menerapkan Sikda Generik dikarenakan memang sudah ada Komitmen pada waktu pengadaan sarana dan prasarana untuk SIKDA Generik yang menggunakan dana DAK tahun 2020.

Kedepan sesuai dengan RPJMD semua Puskesmas akan menggunakan SIKDA generic  dalam implementasi Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK). Dan nanti akan terintegrasi dengan Program Smart city di kabupaten Belitung.

Sikda generic ini  merupakan salah satu tolls untuk pelaksanaan system informasi kesehatan di Kabupaten Belitung. Dan pada hari ini tanggal 6 Oktober   dilakukan workshop di Kantor Dinas Kesehatan, dan besoknya akan langsung praktek di Puskesmas Simpang Rusa, sehingga peserta akan lebih paham penerapan Sikda Generik ini. Pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari dana APBD Kab Belitung tahun 2021, dan peserta termasuk panitia serta narasumber berjumlah 25 orang. Semoga pertemuan ini bermanfaat untuk semua…. aamiin…

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + six =