Pada hari selasa tanggal 16 Mei 2923 bertempat di halaman kantor Desa Badau dilaksanakan Deklarasi ODF yang diucapkan oleh kepala desa Badau dan Kacang Butor diikuti oleh anggota BPD .Kepala Dusun,RT, Babinkantibmas , Babinsa, dari kedua desa ini.

ODF (Open Defecation  Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah satu dari 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) . Desa Badau dan Desa Kacang Butor yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Badau berkomitmen dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalaui penyehatan lingkungan. Pemerintah Kabupaten Belitung bersama Dinas Kesehatan Kabupaten , Puskesmas Badau , serta para pimpinan wilayah kecamatan seperti Koramil, Polsek. Dalam acara yang digelar di halaman kantor Desa Badau ini dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung  bapak Isyak Meirobi yang dalam sambutannya mengatakan bahwa deklarasi  ODF menjadi sebuah penanda perubahan perilaku dan komitmen masyarakat untuk tidak melakukan  pencemaran lingkungan. Dalam kesemapatan ini juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung  drg.Dian Farida,MHM memberikan apresiasi kepada Puskesmas Badau beserta Tim Penyehatan lingkungan dan juga masyarakat desa Badau serta Kacang Butor yang telah berupaya dalam menjadikan desanya menjadi desa ODF. dan Mengharapkan agar desa -desa lain yang belum ODF agar segera melakukan percepatan untuk menjadi desa ODF.

Di Kabupaten Belitung masih ada 19 desa lagi yang belum ODF, dan dari 19 desa ini beberapa desa akan segera Deklarasi pada tahun 2023 ini.. semoga…

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − ten =