IMPLEMENTASI SIK DI FASYANKES KABUPATEN BELITUNG

 Sistem Informasi Kesehatan (SIK) merupakan salah satu sumber daya yang sangat strategis bagi suatu organisasi yang melaksanakan prinsip prinsip manajemen modern. Sistem Informasi  digunakan sebagai masukan dalam proses pengambilan keputusan  di bidang Kesehatan .  Sistem Informasi Kesehatan  sangat berperan penting dalam bidang kesehatan terutama proses pengambilan keputusan untuk pelaksanaan pelayanan kesehatan sehari-hari, intervensi cepat dalam penanggulangan masalah kesehatan, dan untuk mendukung manajemen kesehatan di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat terutama dalam penyusunan rencana jangka pendek, jangka menengah.

Dalam  Dokumen Rencana Kerja Daerah Kabupaten  Belitung  tahun 2023 Sistem Informasi Kesehatan  termasuk dalam Kegiatan Penyelenggaraan Sistem Informasi kesehatan secara Terintegrasi. Beberapa Sub kegiatan yang akan dilaksanakan  anatara lain :  Pengelolaan Data dan Informasi Kesehatan, Pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan dan Pengadaan Alat SIK guna mendukung Sistem itu sendiri.

Saat ini di Kabupaten Belitung untuk Sistem Informasi Kesehatan menggunakan 2 (dua) Aplikasi Berbasis Web yaitu E-Puskesmas dan Sikda Generik.

 

E-Puskesmas merupakan Pengembangan sistem Informasi Kesehatan  bertujan untuk memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital pada Puskesmas. Aplikasi ini berguna untuk melakukan pencatatan data pelayanan; mulai dari data pasien, rekam medis, obat dan lain – lain dengan berbagai fitur. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan layanan BPJS.

E-Puskesmas  ini juga merupakan  sistem informasi kesehatan berbasis online sebagai wujud dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam memberikan pelayanan yang prima kepada pasien. Untuk aplikasi ini pemerintah kabupaten Belitung menganggarkan setiap bulan karna sifatnya adalah berbentuk sewa dengan infokes.

 

SIKDA Generik adalah upaya dari Kementerian Kesehatan dalam menerapkan standarisasi Sistem Informasi Kesehatan sehingga dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang akurat, tepat, dan cepat dalam pengambilan kebijakan di bidang kesehatan (di Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Kementerian Kesehatan) dengan mendayagunakan. Aplikasi berbasis web ini gratis disediakan untuk dipakai seluruh Dinkes Kabupaten.

Dengan dilaksanakannya  pemngembangan sistem informasi kesehatan melalui E Puskesmas  dan SIKDA Generik dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta dapat mempermudah sistem pelaporan data ke Dinas Kesehatan dan dapat memberikan informasi dengan cepat dan akurat melalui sistem online reporting.

Untuk fasyankes wilayah kecamatan tanjungpandan, badau dan sijuk telah menggunakan aplikasi e-Puskesmas dan untuk wilayah kecamatan membalong dan selat nasik adalah sebagai percontohan menggunakan aplikasi sikda generic…

Diharapkan semua fasyankes dikabupaten Belitung dalam implementasi SIK menggunakan Sikda Generik, selain fitur yang hampir sama dengan e-puskesmas, sikda generic ini gratis tanpa sewa aplikasi yang tentunya tidak akan menyerap anggaran yang terlalu besar.

Akan tetapi kondisi saat ini Implementasi aplikasi Sikda Generic belum mencapai hal yang kita inginkan. Hal tersebut adalah  :

1.Aplikasi Sikda Generik belum terintegrasi dengan P.Care (belum dapat Cons Id)

2.SDM di Puskesmas dan Kabupaten masih kurang

3Jaringan sebagian Puskesmas tidak stabil.

Berkenaan dengan hal tersebut dapat direkomendasikan agar semua stake holder dapat selalu berkoordinasi , Penambahan SDM yang sesuai kualifikasi, serta Peningkatan jaringan Internet.

Semoga dengan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan di Puskesmas  ini dapat memberikan Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat lebih Efisien dan Efektif. Semoga…

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 20 =