TIPS MENJAGA KESEHATAN SELAMA TIPS MENJAGA KESEHATAN SELAMA BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain dianggap sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan Ramadhan juga merupakan bulan suci untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala kebaikan. Oleh karenanya banyak yang mempersiapkan diri dalam menyambut bulan Ramadhan ini.

Pada tahun ini, umat Islam masih harus menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu setiap orang perlu untuk menjaga kesehatan selama Bulan Ramadan di tengah pandemi agar tubuh tetap sehat dan kuat dalam menjalani setiap aktivitasnya. Berikut adalah tips menjaga Kesehatan selama bulan Ramadhan agar Anda bisa menjalankan puasa penuh selama satu bulan ke depan.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Selain cairan, tubuh juga membutuhkan gizi yang seimbang selama bulan puasa. Pastikan untuk mengikuti pola makan seimbang atau makanan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat saat sahur dan berbuka agar tubuh Anda tetap sehat dan fit untuk beraktivitas selama puasa.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Puasa selama dua belas jam membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi. Hal ini membuat Anda merasa lelah dan mengantuk. Pastikan untuk minum air putih sebanyak mungkin pada saat buka puasa dan sahur sebagai cara agar tetap sehat selama bulan puasa. Usahakan minum air putih delapan gelas sehari sebelum sahur dan sesudah buka puasa. Jika Anda tidak terbiasa minum air putih dalam jumlah banyak, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan minum satu gelas air putih 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat buka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari.

  1. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur adalah salah satu bagian terpenting dari puasa. Saat sahur, tubuh menerima nutrisi yang dibutuhkan selama berpuasa. Oleh karena itu, Nabi Muhammad saw. sangat menganjurkan umatnya untuk sahur dan disunahkan untuk sahur mendekati waktu azan subuh. Sahur juga penting karena tubuh membutuhkan energi yang didapat saat sahur. Energi yang didapat dari sahur dapat membantu tubuh agar tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas saat sedang berpuasa.

  1. Hindari Makanan Berminyak (Gorengan)

Makanan yang berminyak memang terlihat menggoda sekali, tapi perlu Anda ketahui bahwa makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolestrol dalam tubuh Anda. Selain itu, gorengan juga bisa menyebabkan masalah tenggorokan yang nantinya  membuat  puasa Anda menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu hindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak agar Anda tetap fit saat puasa.

  1. Lakukan Olahraga

Puasa bukanlah halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda dapat berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang setelah istirahat sejenak untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bugar. Anda bisa berolahraga selama 30 menit dengan berjalan kaki, bersepeda, jogging, atau olahraga lain yang tepat untuk kondisi tubuh Anda.

Semoga bermanfaat (Musrani)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 2 =