Pada hari ini, Jumat tanggal 28 Mei 2021 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dilaksanakan rapat teknis untuk kegiatan surveilans Filariasis di Kabupaten Belitung.

Kabupaten Belitung merupakan salah satu Kabupaten yang telah mendapatkan serifikat eliminasi filariasis pada tahun 2017 dan sebelumnya juga merupakan daerah yang termasuk endemis Filariasis.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 94 tahun 2014 tentang Penanggulangan Filariasis bahwa wilayah endemis filariasis yang telah mendapatkan serifikasi eliminasi tetap perlu dilakukan kegiatan surveilans kesehatan dalam rangka penemuan kasus baru termasuk untuk memantau potensi penularan filariasis.

Seabagai salah satu upaya surveilans filariasis , maka akan dilakukan survey darah jari (SDJ) malam pada masyarakat diwilayahKabupaten Belitung pada tanggal 27 Mei – 6 Juni 2021.

Adapun Lokasi survey di Kecamatan Selat Nasik yaitu desa Suak Gual, Petaling, desa Selat nasik. Di Kecamatan Membalong yaitu desa Lassar dan Desa Kembiri , Sedangkan di kecamatan Badau adalah di desa Cerucuk. kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Parasitologi FK UI bersama tim dari Substansi Filariasis dan kecacingan  serta dari Balai Litbangkes Baturaja.

Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan mendapatkan hasil survey yang memuaskan..

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 3 =